0852 217 22007 info@centraldata.co.id

Di jagat penjualan, nama Joe Girard sudah tidak asing lagi. Guinness Book of World Records menggelarinya “The World’s Greatest Salesman”. Konon, dia bisa menjual sekitar enam mobil per hari. Nah, berikut ini “bocoran” dari jurus rahasianya. Rahasianya, Joe berusaha memperlakukan pelanggan-pelanggannya layaknya sahabat dekat. Untuk itu, Girard memiliki kebiasaan sederhana yang membantunya mengingat setiap detail informasi tentang pelanggan-pelanggannya.

Apa kebiasaan itu? Mencatat! Ya, Girard biasa mencatat setiap informasi yang dirasanya penting tentang setiap pelanggannya, seperti tanggal lahir, nama orangtua, nama anak, di mana mereka tinggal, makanan kesukaan, dan segala data personal yang dianggap penting. Bagaimana Girard bisa memperoleh informasi yang demikian detail? Jawabnya ialah dengan mendengarkan! Informasi semacam itu “dikumpulkannya” selama Girard berinteraksi dengan pelanggan. Saat perkenalan, pertemuan awal, probing, negosiasi harga, pokoknya setiap saat dia berinteraksi dengan mereka. Girard berusaha memperhatikan setiap ucapan pelanggan meskipun tidak ada kaitan langsung dengan produk yang dijualnya. Dari situlah, poin-poin penting kemudian dituangkannya ke dalam buku catatan khusus yang berisi data-data pribadi pelanggan.
Tidak berhenti di situ, Girard akan membaca-baca lagi catatannya untuk menemukan cara “memanfaatkan” data-data tersebut. Salah satu kebiasaan uniknya adalah dengan mengirimkan kartu ucapan secara rutin kepada semua pelanggannya. Isi kartunya pun berbeda-beda, tergantung “topik” yang relevan dengan pelanggan. Bahkan, konon rata-rata setiap pelanggannya akan mendapatkan satu ucapan tiap bulan. Setidaknya, dalam setahun, mereka akan mendapatkan 12 kartu ucapan! Wow!.

Hal ini dilakukan Girard tidak hanya kepada prospek yang didekatinya, tetapi juga kepada para pelanggan-pelanggan lamanya. Karena itu, sebagian besar akhirnya kembali lagi kepadanya saat membutuhkan kendaraan. Yang tidak kalah penting, tak sedikit yang mereferensikan Girard kepada sahabat atau kerabatnya. Sulitkah yang dilakukan oleh Joe Girard ini? Dahulu, apa yang dilakukannya memang membutuhkan ketekunan yang luar biasa.

Bayangkan, untuk mengirimkan sebuah surat dia harus melakukan sederet aktivitas berikut ini.
1. Mengecek informasi tentang pelanggan di dalam buku catatannya.
2. Membeli kertas, amplop, dan prangko.
3. Menulis surat sesuai dengan informasi personal pelanggan.
4. Memasukkan surat ke dalam amplop dan merekatkan prangko.
5. Berjalan ke kotak pos terdekat untuk mengirimkan surat.
6. Menunggu sampainya surat ke pelanggan yang mungkin butuh beberapa hari.

Mohon dicatat, semua itu dilakukannya kepada hampir semua pelanggannya selama sebulan sekali dalam waktu satu tahun! Wow!
Kalau sekarang? Anda bisa melakukannya secara jauh lebih cepat, jauh lebih murah, dan jauh lebih mudah! Hanya dalam hitungan detik dan beberapa gerakan jari, Anda bisa langsung menyapa pelanggan nun jauh di ujung negeri. Ingin mengirimkan ucapan selamat? Anda tinggal mengetiknya di handphone dan mengirimkannya. Saat itu juga, pelanggan Anda sudah bisa menerima dan membaca pesan yang Anda kirimkan. Tidak perlu menunggu dalam hitungan hari sebagaimana yang dilakukan oleh Joe Girard. Jadi, berani coba?