0852 217 22007 info@centraldata.co.id

Kode QR (Quick Response) merupakan bentuk evaluasi dari barcode yang biasanya kita lihat pada sebuah produk. Kode QR berbentuk jajaran persegi berwarna hitam berbentuk seperti barcode tetapi dengan tampilan lebih ringkas.

Kode QR memuat berbagai informasi di dalamnya seperti alamat URL, teks hingga nomor telepon. Kode QR biasanya diletakan diberbagai produk untuk menunjukan informasi tambahan dari produk tersebut. Selain itu anda dapat memasangnya di kartu nama anda sebagai tambahan informasi . Untuk membaca kode QR, dibutuhkan smartphone berkamera dan sebuah aplikasi pembaca QR.

Kode QR adalah sebuah kode matriks (atau bar code dua-dimensi) yang dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. “QR” berasal dari “Quick Response“, yang bermaksud agar isinya dapat diuraikan pada kecepatan tinggi. QR Kode merupakan jenis yang paling populer dari dua kode dimensi. Selain itu, kode ini dapat dibaca dengan menggunakan kamera ponsel.

Pada awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan bagian dalam kendaraan bermotor, saat sekarang kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi pelacakan komersial dan berorientasi pada aplikasi yang ditujukan untuk kemudahan pengguna ponsel.

Cara Menggunakan Kode QR

Jika Anda memiliki smartphone, Anda dapat menggunakan kode ini dengan cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah men-download aplikasi pemindaian kode QR, buka dan jalankan untuk mengambil gambar dari kode. Ini akan memecahkan kode kode QR dan kemudian lakukan perintah apa yang diminta dari kode QR tersebut.

Penggunaan kode QR Saat Ini

Kode QR umumnya digunakan untuk ‘menyelamatkan’ orang-orang dibagian pemasaran dalam kesulitannya untuk menuliskan kata-kata, “Kunjungi situs kami untuk info lebih lanjut”. Namun, dalam keadaan tertentu, mereka menggunakan beberapa cara yang sangat kreatif untuk secara tidak langsung terlibat dalam kegiatan kita sehari-hari sebagai konsumen. Berikut merupakan penggunaan kode QR yang terlampau kreatif saat ini.

Wajah dunia pendidikan telah berubah akibat penggunaan kode QR, sebab kode QR memberikan reaksi cepat tanggap, dapat digunakan pada steroid, dapat terhubung dengan seluruh data yang dibutuhkan, dapat berbentuk URLs, text, videos, alamat email, VTs, dan sebagainya, termasuk menyajikan tampilan 2 Dimensi menjadi tampak benar benar hidup.

Kode QR dapat digunakan dimana saja setiap saat, memiliki hubungan analog digital dan ketika dibutuhkan dapat dicetak, disamping menjadi hiburan dengan alat pindai kreatif dan ramah lingkungan.

Cara untuk membuat Kode QR

Anda bisa menggunakan salah satu situs dibawah ini untuk menggenerate kode QR anda sendiri :

http://zxing.appspot.com/generator/

http://qrcode.kaywa.com/

http://www.snapmaze.com/

http://www.mobile-barcodes.com/qr-code-generator/

http://www.qrstuff.com/

Tinggal masukkan teks anda sendiri, lalu generate. Tidak perlu menunggu lama dan kode QR anda langsung tersedia. Bisa langsung di cetak, ditempel di cangkir, undangan, kartu nama, stiker, atau kaos. Bayangkan jika suatu hari banyak orang yang menggunakan kode QR ini di kaos mereka. Anda tidak perlu lagi repot – repot tanya nama dan nomor ponselnya. Cukup dekati dan Klik!

Kelemahan dari Kode QR

Semakin panjang TEKS / URL / KONTEN maka image akan semakin lebar dan dibutuhkan kamera beresolusi tinggi untuk bisa membaca setiap tanda dengan detil. Saya sudah mencoba beberapa kali dan sering gagal ketika membaca kode dikarenakan konten yang saya buat terlalu panjang dan kualitas kamera hp yang kurang bagus. Mengatasinya, atur agar TEKS / KONTEN anda SINGKAT, TEPAT dan JELAS. Atau gunakan layanan URL

Kelebihan dari Kode QR

Kode QR adalah salah satu type barcode dua dimensi atau dapat juga disebut kode 2D. Jenis- jenis kode 2D ada beberapa, antara lain : PDF417, Veri Code, Maxi Code, Data Matrix, RSS-14

Fitur-Fitur dari kode QR

Jika dibandingkan dengan barcode konvensional atau barcode satu dimensi, kode QR mempunyai fitur-fitur unggulan antara lain :

Kapasitas Memory. Ketika barcode konvensional mempunyai kemampuan penyimpanan data hanya 20 digit, kode QR mampu menyimpan beberapa ribuan informasi. kode QR dapat menyimpan semua type data, seperti numerik atau alphanumerik, kanji, kana, hiragana, symbol, binary, dan kode control sampai dengan 7.089 karakter hanya dalam satu simbol kode QR. Karakter Numerik maksimum dapat disimpan 7.089 karakter

Kesimpulan

  • QR code/Kode QR umumnya digunakan untuk ‘menyelamatkan’ orang-orang dibagian pemasaran dalam kesulitannya untuk menuliskan kata-kata, “Kunjungi situs kami untuk info lebih lanjut”. Dampak perkembangan teknologi QR Code/Kode QR sangat luas bagi industri dan perdagangan.

Demikian artikel mengenai Kode QR (Quick Response Code), semoga menjadi ilmu dan bermanfaat. Jika berminat untuk konsultasi dan ingin mengetahui mengenai produk software Grosir, Ritel  dan produk-produk lainnya silahkan klik di sini. Sukses Selalu untuk Anda.

Referensi  :  Website Kementrian Perindustrian.