0852 217 22007 info@centraldata.co.id

Peluang di bisnis kesehatan masih terbuka lebar, bisnis kesehatan juga banyak macamnya dan tidak harus membuka rumah sakit bila ingin menekuni bisnis kesehatan. Bisa menjaring  bisnis kesehatan dengan membuat klinik kesehatan.

Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis yakni dokter umum, spesialis, ataupun dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis “ ( Pasal 1 Permenkes no 028/2011 )

Klinik kesehatan sendiri ada bermacam-macam. Bisa dipertimbangkan dengan membuka klinik kesehatan umum. Klinik seperti ini biasanya menyediakan beberapa layanan medis. Selain dokter umum, klinik ini bisa juga memiliki dokter spesialis dan dokter gigi. Bahkan, ada klinik yang memiliki laboratorium, layanan rontgen hingga apotek sendiri.

Klinik atau balai Pengobatan adalah salah satu usaha yang patut dilirik oleh seorang dokter. Usaha ini relatif bermodal kecil dengan syarat-syarat yang relatif mudah dibandingkan usaha Rumah Sakit yang membutuhkan modal sangat besar.

Berikut Cara Membuka Klinik Dokter

1. Memiliki pengetahuan soal kesehatan

Seorang pebisnis tentu harus benar-benar mengenal bisnis yang ditekuninya. Jadi, kalau Anda ingin membuka klinik kesehatan, Anda harus benar-benar memahami seluk-beluk soal kesehatan. Karena bisnis ini berurusan dengan kesehatan seseorang sehingga dibutuhkan pemahaman mengenai kesehatan supaya tidak terjadi kesalahan penanganan atau diagnosis atas pasien di klinik tersebut. “Bisnis kesehatan itu bisnis kepercayaan, kalau pasien tidak percaya dia tidak akan datang,”. Pengetahuan seputar kesehatan tersebut bisa membaca buku-buku soal kesehatan atau mencari informasi melalui internet. Apalagi jika seorang dokter akan mudah untuk memahaminya.

2. Persyaratan Izin Harus Dipenuhi

Kebijakan izin pendirian klinik sangat bervariasi tergantung peraturan masing-masing daerah, tetapi ada beberapa poin yang harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Pendirian BP (Balai Pengobatan) per Februari 2012 akan dihapuskan dan diganti dengan Klinik.
  2. Klinik terdiri dari dua macam, Klinik Pratama yang hanya memberikan pelayanan dokter umum dan gigi serta Klinik Utama dengan dokter spesialis.
  3. Sistem dispensing (pemberian obat langsung) di kota besar sudah mulai dihapuskan dan digantikan perannya oleh apotek yang harus memperkerjakan apoteker serta asisten apoteker.
  4. Di setiap pendirian klinik harus ada perawat penanggungjawab yang memiliki SIK.

Tahapan Awal Membuat Klinik 

  1. Pilih lokasi & bangunan
  2. Cek dokumen tanah & Bangunan lokasi ke DTK/GS/KRK
  3. Cek kompetisi & peluang pasar
  4. Penuhi syarat ijin pelengkap (KRK,IMB,HO)
  5. Penuhi  syarat ijin SDM (SIP, SIK )
  6. Renovasi – Perlengkapan Ijin Klinik
  7. Pengajuan ijin klinik – BPPT Pemkot SMG
  8. Survey Lapangan oleh tim perijinan
  9. Ijin keluar
  10. Operasional

Syarat-syarat Pengajuan Izin Klinik 

  1. Surat Permohonan
  2. FC Akte notaris (bila Pemohon Badan hukum) dan FC KTP (bila perorangan)
  3. FC Ijin Gangguan (HO )
  4. FC status bangunan dan tanah
  5. Gambar denah situasi/denah lokasi
  6. Gambar denah tindakan (termasuk ruang tindakan)
  7. Daftar ketenagaan
  8. Surat penunjukan dan kesanggupan (semuaTenaga)
  9. Daftar peralatan Medis dan non medis
  10. Daftar tarif
  11. Surat Pernyataan tunduk peraturan yang berlaku bermaterai Rp.6.000,-
  12. Rekomendasi Puskesmas setempat
  13. Surat pernyataan mampu membina peran serta masyarakat setempat dalam pembangunan kesehatan di lingkungannya.
  14. FC Kerjasama pengelolaan limbah medis
  15. Surat Pernyataan IPAL
  16. Data Dokter penanggung jawab
  17. Daftar Riwayat hidup dokter penanggung jawab
  18. FC ijasah STR,SIP semua dokter
  19. Surat Ijin atasan langsung jika penanggung jawab PNS
  20. Data tenaga paramedik dan tenaga lainnya
  21. FC ijasah SIK,SIA
  22. FC ijin lama (bila perpanjangan)
  23. Foto 4X6 sebanyak2 lembar

SYARAT IJIN HO

  1. Mengisi formulir permohonan Ijin Gangguan (HO) ditandatangani pemohon dan diketahui Lurah dan Camat sesuai lokasi tempat usaha.
  2. Surat Persetujuan Tetangga diketahui Lurah setempat
  3. Fotocopy KTP pemohon dan/ atau PemilikTanah.
  4. Fotocopy Keterangan Rencana Kota (KRK).
  5. Fotocopy SK IMB dengan menunjukkan aslinya (lengkap dengan Gambar IMBnya)
  6. Fotocopy surat-surat penguasaan tanah yang sah.
  7. Bila tanah bukan miliknya sendiri dilampiri surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik dari pemilik tanah dan ditandatangani di atas meterai cukup.
  8. Bila pemohon merupakan badan hukum dilampiri fotocopy Akte Pendirian Badan Hukum
  9. Fotocopy Pelunasan PBB tahun terakhir atau Keterangan dari Instansi yang berwenang apabila tidak terkena PBB.
  10. Gambar Denah Tempat Usaha skala 10 : 100/ 10 : 200.
  11. Surat Pernyataan Kesanggupan mentaati peraturan/ ketentuan yang telah ditetapkan dan ditandatangani di atas materai cukup.
  12. Dokumen lain yang disyaratkan sesuai ketentuan yang berlaku

 

Modal 

Selebihnya, tentu harus memiliki modal yang cukup. Modal untuk mendirikan klinik kesehatan ini memang cukup mahal, lantaran harga alat-alat medis tidak murah. Pemilik klinik juga harus menyiapkan biaya operasional untuk empat bulan ke depan.

Gambaran biaya yang dikeluarkan untuk klinik praktek pribadi bagi dokter umum atau spesialis sebagai berikut:

1. Alat – alat praktek

Alat-alat disini bisa bermacam-macam, dari mulai alat-alat penunjang di tempat praktek seperti tempat tidur, meja, kursi, dispenser, TV, AC, lemari, kipas angin, tempat sampah, plang nama, dll.

Alat-alat yang lain adalah peralatan medis, seperti stetoskop, senter, alat monitor gula darah, palu refleks, nebulizer, couter (untuk sirkumsisi), comb, bengkok, minor set dll dan alat-alat penunjang kerja lainnya seperti komputer, printer  jaringan komputer (internet) dll..

2.Obat praktek

Nah persiapan berikutnya adalah obat-obatan. Dokter tidak perlu bekerjasama dengan retailer ataupun perusahaan obat dulu, cukup beli saja obat-obat generik ber merk yang dijual bebas, harga-nya pun cukup murah, dan mutunya pun tidak kalah dengan obat-obat paten yang di jual di apotik-apotik.

3.Maintenance praktek

Nah persiapan yang terakhir adalah harus mempersiapkan biaya rutin pratek, seperti biaya listrik, air, asisten dan pajak tentunya (jika tempat milik sendiri).

3.Teknologi Kekinian

Pemanfaatan teknologi komputer sangat bermanfaat dalam membantu di dunia kesehatan, mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien. Perkembangan berikutnya, komputer dapat meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti Software Klinik, Medical Record Service yang merupakan percontohan dari Google Inc, Sistem Informasi Rumah Sakit (SIR), Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMK), Sistem kesehatan komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health. Pengembangan layanan e-Health akan membantu pihak-pihak penyedia layanan kesehatan termasuk pemerintah untuk mencapai hal tersebut di atas. E-Health akan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk melakukan kolaborasi, pengumpulan dan analisa data kesehatan yang melampaui batasan fisik dan waktu.
Selain itu pemanfaatan teknologi komputer juga telah dimanfaatkan di dunia medis dalam bidang administrasi, farmasi, untuk mendiagnosa penyakit, monitoring status pasien, melakukan penelitian dan menganalisa organ dalam tubuh Manusia.
Beberapa alat media yang telah memanfaatkan teknologi komputer antara lain : System Computerized Axial Tomography (CAT), System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR), Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), Position Emission Tomography (PET), Nuclear Magnetic Resonance (NMR), Ultra Sonography (USG), Helical CT-SCAN, dan Magnetic Resonance Imaging ( M R I ).

4.Promosi

Sama seperti bisnis lainnya, hal yang perlu dilakukan saat bisnis sudah dimulai yaitu melakukan promosi. Tentu saja, bisa mengandalkan media promosi tradisional seperti pamflet. Atau, juga bisa mengandalkan media online seperti menyewa space iklan di berbagai website kesehatan, media sosial, forum, dan sebagainya.

Demikian artikel mengenai Cara Mendirikan Klinik, semoga menjadi ilmu dan bermanfaat. Jika berminat untuk konsultasi dan ingin mengetahui mengenai produk Software Klinik dan produk-produk lainnya silahkan klik di sini. Sukses Selalu untuk Anda.