0852 217 22007 info@centraldata.co.id

Usaha bisnis apotek di masa saat ini menjadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan, karena jenis usaha ini mempunyai prospek bisnis yang banyak di harapkan memberi keuntungan yang sepadan dengan resiko bisnis itu sendiri. Pasar yang masih sangat terbuka lebar tidak semudah dengan syarat didalam mendirikan apotek. Tapi bagi yang sudah berpengalaman dalam bisnis ini hal ini tidak lah sulit.

Apabila Kita adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dibidang farmasi atau obat-obatan, ilmu yang Kita miliki dapat di manfaatkan dan aplikasikan untuk membuka usaha apotek di rumah. Selain dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari kuliah, membuka usaha apotek juga dapat menghasilkan pendapatan untuk keluarga. Sebaliknya, apabila Kita bukan seorang apoteker, Kita pun tetap dapat membuka apotek asalkan Kita ‘menggandeng’ atau menjalin kerja sama dengan seorang apoteker dan Kita berperan sebagai penyedia modal. Untuk membuka usaha apotek, tidak harus berlatar belakang sebagai apoteker. Kita tetap bisa membuka sebuah usaha apotek dengan bekerjasama dengan apoteker. Secara umum semua manusia pasti akan mengalami yang namanya sakit baik itu sakit ringan ataupun sakit berat, dan tentu untuk mengobati rasa sakit tersebut kita membutuhkan obat-obatan baik itu obat biotik maupun obat antibiotik yang tersedia di apotik

Prospek Bisnis Apotek Menurut beberapa pengamat ekonomi sangatlah besar, mengingat obat adalah salah kebutuhan premier yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat, kondisi ini terkait dengan beberapa data yang berhasil dirangkum:

– Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan tubuh yang semakin tinggi, tentu ini menjadi angin segar untuk para apoteker

– Masyarakat Indonesia semakin sadar bahwa obat yang aman dan memiliki izin resmi lebih aman untuk dikonsumsi

– Angka pasien yang sakit melonjak drastis setiap tahunnya, dan tentu mereka membutuhkan obat-obatan.

Beberapa hal penting dalam membuka usaha apotek melalui beberapa tahap yang perlu diperhatikan antara lain :

1. Pastikan lokasi di tempat yang strategis

lokasi yang strategis dan gampang dilihat, akan sangat memudahkan menarik pelanggan dan meminimalisir biaya promosi. Apalagi ditambah dengan papan nama yang mencolok, unik sehingga cepat menarik perhatian.

Kepadatan arus juga akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung toko apotek. Penting juga di perhatikan arus lalu lintas apakah satu arah atau dua arah, apakah letak toko kita ada pada sisi arah orang pulang beraktivitas atau arah berangkat.

Namun yang paling penting adalah anda harus memastikan bahwa lokasi yang anda incar benar-benar membutuhkan keberadaan apotek.

Hindari daerah seperti kantor dan pilihlah daerah yang dekat dengan pemukiman di mana banyak orang  tinggal di sana. Daerah pemukiman sering memiliki permintaan yang tinggi untuk toko obat.

2. Lihat kompetisi usaha apotek dan sistemnya di sekitar toko apotek terdekat

Jika ada waralaba apotek besar dengan harga yang rendah, akan sulit untuk menarik pelanggan dan akan lebih baik bagi anda jika mempertimbangkan untuk memilih lokasi daerah lain.

3.  Lakukan proses perizinan Apotek

Hal ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan aspek legalitas apotek anda. Proses perizinan dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dilampiri dokumen yang diperlukan.

Setelah persyaratan lengkap, Kepala Dinas akan menugaskan tim pemeriksaan setempat untuk melakukan peninjauan lokasi calon apotek. Dan pada akhirnya jika anda memenuhi syarat maka anda akan mendapatkan Surat Izin Apotek (SIA).

Beberapa dokumen yang anda butuhkan adalah:

  • Fotokopi Surat Izin Kerja (SIK) Apoteker Pengelola Apotek (APA)
  • Fotokopi KTP Apoteker
  • Surat Pernyataan bahwa APA tidak merangkap/bekerja di Apotek lain/ Industri lain dan sanggup sebagai APA di Apotek dimaksud
  • Fotokopi perjanjian kerjasama antara APA dan Pemilik Sarana Apotek (PSA) (di depan Notaris)
  • Surat pernyataan PSA bahwa tidak pernah terlibat pelanggaran perundang-undangan dibidang Farmasi
  • Peta Lokasi dan Denah Bangunan
  • Status Bangunan dan kaitannya dengan PSA
  • Daftar Asisten Apoteker dilampiri Fotokopi Ijasah dan SIK
  • Surat izin Atasan untuk APA yang bekerja sebagai PNS/BUMN
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU) (tapi ada beberapa dinas kab/kota yang tidak mempersyaratkan SITU)
4. Menyusun rencana bisnis

Dalam menyusun rencana bisnis anda, anda harus memperhitungkan aspek manajemen keuangan dalam mengkalkulasi semua biaya termasuk biaya lokasi anda, lisensi, asuransi, pajak, persediaan, staf dan pemasaran, serta proyeksi dan target pendapatan untuk 2 tahun pertama.

5. Memperoleh modal

Dalam membuka apotek tentu membutuhkan dana yang cukup besar, dan untuk memperoleh modal yang diperlukan dalam membuka apotek atau toko obat maka anda dapat mencari sumber pendanaan dari investor swasta atau dengan pinjaman bisnis dari bank lokal Anda .

6. Lengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan

Perbarui tempat apotek anda untuk memenuhi tuntutan fisik apotek anda dan lengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, termasuk area berkonsultasi, ruang tunggu dan ruang penyimpanan.

Lengkapi juga semua peralatan dan perlengkapan termasuk komputer , cash register, Software Apotek , obat-obatan dan persediaan lain yang diperlukan. Anda juga harus membuat sistem keamanan terutama jika anda berencana membuat apotek yang buka selama 24 jam. Oleh sebab itu buatlah apotek anda seaman mungkin untuk menjamin keamanan pelanggan, karyawan, bisnis dan diri anda sendiri .

7.  Jalin kerjasama dengan ASKES dan JAMSOSTEK

Agar apotek anda dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat yang kurang mampu maka anda dapat menjalin kerjasama dengan ASKES dan JAMSOSTEK. Kerjasama dengan dua lembaga tersebut juga merupakan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap program pemerintah dan kesehatan masyarakat.

8.  Rekrut SDM terbaik

Dalam bisnis apotek tentu anda akan membutuhkan sumber daya manusia seperti apoteker dan asisten apoteker. Dalam melakukan perekrutan anda tidak bisa sembarangan karena apotek berkaitan dengan hal medis dan bila anda berkecimpung di dalamnya tentu anda harus berhati-hati.

Anda dapat melakukan wawancara dan mempekerjakan staf yang berkualitas yang memenuhi semua persyaratan hukum untuk apotek. Sangat penting untuk memahami bahwa kehadiran apoteker berlisensi dan kompeten sangatlah diperlukan.

9.  Pilih agen, distributor, supplier obat terpercaya dengan harga bersaing

Pemasok obat merupakan partner penting dalam berdirinya sebuah apotek. Usahakan untuk mencari partner dengan harga yang bersaing atau menawarkan fasilitas cicilan sehingga anda dapat lebih mudah mengatur arus kas masuk dan keluar.

Pemasok kompetitif dengan harga bersaing di sini haruslah tetap merupakan pemasok yang terpercaya dan berkualitas bukanlah pemasok yang menawarkan obat ilegal yang tidak terdaftar BPOM.

10.  Lakukan pemasaran

Sebaik apapun toko obat anda jika anda tdak melakukan pemasaran yang baik maka apotik ada tidak akan dikenal oleh masyarakat maka dari itu iklankan apotek atau toko obat di koran lokal, di pusat-pusat medis dan di kompleks perumahan.

11.  Hambatan

Seringkali dalam membuka usaha apotek ada beberapa hambatan antara lain :

  • Kemungkinan yang biasa terjadi adalah beredar obat palsu. Hal tersebut dapat diantispasi dengan melakukan pembelian obat langsung kepada produsen obat tersebut.
  • Kemungkinan permintaan dan pembelian obat-obat tertentu tanpa resep dokter.
  • Memulai bisnis apotek baru di kota kita tinggal bisa menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau kita sudah memahami dan belajar tentang farmasi akan lebih menguasai bisnis yang akan dijalankan. Tanpa pengetahuan farmasi sekalipun kita bisa menjalankan bisnis ini, yaitu sebagai penyedia modal usaha dengan mempunyai rencana matang dalam menjalankan bisnis apotek ini.

Demikian artikel mengenai Membuka Usaha Apotek, semoga menjadi ilmu dan menambah motivasi dalam membuka usaha apotek. Jika berminat untuk konsultasi dan ingin mengetahui mengenai produk Software Apotek dan produk-produk lainnya silahkan klik di sini. Sukses Selalu untuk Anda.